Menu

4 Fakta Menarik Seputar Telur Paskah

nobanner
easterSelama ini, Perayaan Paskah identik dengan kehadiran telur Paskah. Keduanya telah menjadi sinonim yang begitu melekat. Sebagai simbol khusus dari perayaan, biasanya telur dihias dengan diwarnai, dilukis, dan diperindah.

Banyak keluarga yang menjadikan acara menghias telur sebagai bagian dari tradisi. Bagi umat Kristiani, telur Paskah memiliki makna tertentu. Dilansir dari Thedailymeal, berikut fakta-fakta unik tentang telur Paskah:

Simbol kuno
Berdasarkan kepercayaan umat Nasrani kuno, telur dianggap sebagai simbol dari kehidupan baru. Selain itu juga di hubungkan dengan perayaan musim semi.

Sebagai persembahan
Pada abad ke-16 di Inggris Utara dan Skotlandia, anak-anak akan mengunjungi rumah-rumah sambil membacakan sajak. Dengan begitu mereka mengharapkan bisa mendapat telur, keju, daging, atau bahan makanan lainnya untuk menambah hidangan saat Perayaan Paskah. Selain itu oleh petani di Inggris, telur juga sering digunakan sebagai persembahan saat paskah atau sebagai alat tukar.

Makna cangkang telur
Tujuan perebusan telur dalam budaya Kristen Ortodoks melambangkan makam Kristus yang menutupi tubuh Yesus. Dan saat cangkang telur retak dan terbuka dianggap sebagai simbol kebangkitan-Nya.

Makanan terlarang
Terdapat sebuah teori yang mengungkapkan bahwa telur yang telah diwarnai untuk perayaan Paskah dilarang untuk dimakan selama 40 hari sebelum Paskah. Telur ini boleh dinikmati pada hari Minggu Paskah yang menandakan akhir dari penebusan dosa dan pengorbanan Kristus.

Sumber : Okezone/Jawaban.com by tk

Comments

comments

Share this: