Menu

Pilpres
Ketua DKPP Sarankan Prabowo Ucapkan Selamat ke Jokowi

nobanner

dkpp

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Jimly Asshiddiqie meminta capres-cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa untuk memberi ucapan selamat kepada presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Ia berharap, ucapan selamat tersebut dapat meredam emosi pendukung Prabowo-Hatta yang masih belum menerima kemenangan Jokowi-JK.

“Ucapan selamat baik untuk membangun tradisi. Kalau ucapan selamat itu dapat meredakan emosi pendukung. Jadi, segera rekonsiliasi Prabowo dengan Jokowi,” ujar Jimly di kantor DKPP, Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Jimly mengatakan, setiap pemimpin harus siap menjadi guru yang dapat ditiru setiap tindakannya oleh masyarakat. Guru yang baik, imbuhnya, semestinya menunjukkan kebesaran hati dalam menerima keputusan kendati larut dalam kekecewaan.

“Pemimpin itu guru. Jadi, memberi maaf, mengucapkan selamat, punya makna serius untuk fungsi kepemimpinan dan pendidikan,” kata Jimly.

Jimly tak mempermasalahkan jika masih tersisip rasa tidak puas pada kubu Prabowo-Hatta. Namun, Jimly yakin Prabowo sebagai pimpinan dalam koalisinya mampu mengajak kubu tersebut legawa dan tidak muncul masalah lagi di kemudian hari. “Habis putusan MK, sudah dong, kita urusi yang lain lagi. Prabowo segera beri selamat ke Jokowi-JK. Mudah-mudahan ini cuma butuh waktu saja, tidak ada masalah. Tapi jangan dikompori,”ujarnya.

Comments

comments