Menu

Menyertakan Roh Kudus

nobanner

Suatu hari, seorang jemaat yang baru mengenal Tuhan datang kepada gembala gereja dimana ia bertumbuh. “Pak Pendeta, sejak saya menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, saya selalu berusaha hidup sesuai firman Tuhan. Namun, setiap saya berniat untuk menjalani firman Tuhan yang saya dapati dari pembacaan Alkitab, saya justru gagal menerapkannya. Jika ini terus menerus terjadi, saya bisa stres Pak.”

Pak pendeta yang sejak tadi mendengar curahan hati salah seorang jemaatnya pun merespon,¬† “Sudahkah kamu menyertakan Roh Kudus ketika akan melakukannya?”

“Tidak,” sahut kembali sang jemaat.

“Disitulah letak mengapa kamu kesulitan mengikuti firman Tuhan. Kamu menggunakan kekuatanmu sendiri. Padahal, Tuhan sangat tahu bahwa setiap manusia yang mau menaati ajaran-ajaran-Nya dan perintah-perintah-Nya dengan usaha mereka sendiri pasti bakal mengalami kegagalan,” ujar Sang Gembala.

“Lalu apa yang harus saya lakukan?,” timpal jemaat.

“Mintalah bantuan dan tuntunan Roh Kudus setiap kali kamu akan mempraktikkan firman Tuhan di dalam kehidupanmu. Sadari di hadapan-Nya bahwa kamu adalah seorang manusia yang lemah tanpa-Nya. Satu hal lagi, jangan menyerah sebab bersama Allah senantiasa, kamu pasti bisa mengikuti apa yang diperintahkan maupun tidak melakukan apa yang dilarang-Nya.”

“Terima kasih Pak Pendeta. Sekarang saya mengerti. Hanya Dialah yang benar-benar sanggup mengubahkan dan menjadikan saya serupa seperti-Nya.”

Perubahan untuk menjadi serupa dengan Kristus memang harus dengan keputusan kita, namun agar perubahan itu bisa terwujud, kita butuh Roh Kudus. Sebab sekuat apapun kita berusaha melakukan perintah dan menjauhi larangan Tuhan, jika tanpa penyertaan Roh Kudus, kita pasti gagal.  

Comments

comments